Apa Saja Ya Ciri-ciri Janin Sehat?

apa-saja-ya-ciri-ciri-janin-sehat

Para Bunda yang sedang mengetahui dirinya sedang hamil pasti sedang diliputi rasa bahagia. Pastinya Bunda juga juga sedang banyak mencari informasi seputar kesehatan dan perkembangan janin sesuai dengan umur kandungannya. Apabila Bunda ingin mengetahui kesehatan janin yang sehat, pastinya Bunda bisa langsung konsultasi dokter kandungan di Jakarta seperti rumah sakit Pondok Indah ataupun jikalau tidak sedang berada di Jakarta, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan yang sudah Bunda rasa nyaman untuk berkonsultasi dan melakukan persalinan.

Dalam masa kehamilan, ada beberapa trimester yang harus Bunda capai. Pada trimester pertama adalah masa yang paling penting. Pada masa ini, struktur badan dan sistem organ pada janin masih berkembang. Pada trimester pertama ini biasanya terjadi banyak keguguran dan cacat lahir terjadi selama periode ini. Perlu dicatat pada trimester pertama ini ciri janin yang sehat adalah salah satunya tidak ada kelainan kromosom atau kelainan mayor pada organ tubuh bayi. Perlu diperhatikan juga hal lainnya seperti :

Read More

1. Terasa Pergerakan Bayi

Selain perkembangan tubuh dan sistem organ yang baik, janin akan dikatakan sehat apabila bisa merasakan buah hati bergerak. Biasanya secara medis akan disebut sebagai quickening yaitu gerakan janin yang pertama dan gerakan ini adalah hal yang normal. Jika para ibu hamil merasakan tendangan pertama maka hal ini adalah hal positif yang menandakan janin mulai berkembang dengan baik di dalam rahim. Gerakan janin juga merupakan indikator bayi menerima jumlah oksigen yang optimal pada janin.

2. Ukuran Janin Normal

Ciri janin yang sehat lainnya adalah ukuran janin yang normal. Untuk mengetahui hal ini, ibu hamil bisa rutin melakukan USG untuk memantau ukuran dari pertumbuhan janin. Umumnya, janin akan tumbuh sekitar 5 cm tiap bulannya. Jadi pada bulan ketujuh, janin normalnya akan memiliki panjang sekitar 35 cm dan pada trimester ketiga bisa bertambah dengan berat sekitar 700 gram. Namun, hal ini bisa berbeda pada setiap janin dan ibu hamil tergantung dari pemeriksaan kondisi fisik. Hal yang paling penting adalah ciri-ciri janin sehat adalah memiliki penambahan ukuran setiap bulannya.

3. Detak jantung

Jantung bayi mulai berdetak sekitar minggu kelima kehamilan. Namun, jika ibu hamil ingin mengetahuinya, bisa dilakukan pemeriksaan ultrasound menjelang akhir trimsenter pertama. Detak jantung janin yang sehat berkisar 110 sehingga 160 denyut per menit.

4. Syaraf dan Jaringan Mulai Terbentuk

Pada minggu keempat dan kelima, ciri-ciri janin sehat pada trimester pertama yaitu organ tubuh mulai terbentuk. Walaupun masih dalam bentuk embryo, telah berkembang struktur organ yang lain yaitu amnion dan yolk sac. Amnion dapat diisi dengan cairan ketuban, mengelilingi dan melindungi embrio yang tumbuh. Sedangkan kantung kuning telur menghasilkan darah dan membantu menjaga embrio agar tetap sehat.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri janin yang sehat pada trimester pertama. Namun, mungkin saja ada perbedaan ciri-ciri janin sehat yang dialami pada setiap ibu hamil lainnya. Jika ibu hamil tidak mengalami satu dari ciri janin sehat di atas, bukan berarti ada masalah pada janinnya. Untuk memastikannya, para ibu hamil disarankan untuk selalu memeriksakan kandungannya rutin ke dokter kandungan atau bidan. Dengan begitu, para ibu hamil bisa merasa tetap tenang dan aman dalam menjalani masa kehamilan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.