5 Tips Melakukan Packing Barang untuk Dikirim ke Luar Negeri

Saat ini cara mengirim barang ke luar negeri begitu mudah. Tersedia banyak layanan jasa ekspedisi yang siap memfasilitasi kebutuhan tersebut. Selain pilihan jasa ekspedisinya, Anda juga harus memperhatikan masalah packing barang sebelum dikirim. Sebagai pengirim Anda tentu perlu memastikan bahwa barang yang akan dikirim terkemas secara aman dan rapi.

Tips Packing Barang

Perjalanan ekspedisi ke luar negeri tentu akan begitu panjang. Lain halnya dengan mengirim barang di dalam negeri. Anda harus benar-benar memastikan kemasan barang bisa bertahan rapat sampai barang sampai di tujuan. Berikut ini adalah 5 tips packing dengan aman untuk jenis barang yang akan dikirim ke luar negeri:

1. Sesuaikan dengan Karakter Barang

Pertama, sesuaikan jenis kemasan dengan karakter barang yang akan dikirim. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena setiap jenis barang memiliki karakter yang berbeda. Misalnya untuk barang pecah belah dan elektronik tentu butuh jenis kemasan yang berbeda menggunakan box kayu agar lebih aman. Lain halnya dengan produk baju yang lebih fleksibel dan tahan banting.

Read More

2. Susun secara Teratur

Usahakan untuk menata barang-barang yang akan dikirim secara teratur dalam wadah atau kemasan. Keteraturan susunan barang ini juga akan berpengaruh pada keamanan barang saat dikirim. Jika disusun secara teratur maka kemungkinan barang rusak di tengah jalan akan jauh lebih kecil. Selain itu, penyusunan barang yang teratur juga akan membuat kemasan jadi lebih ringkas.

3. Gunakan Bungkus Berlapis

Salah satu cara mengirim barang ke luar negeri dengan aman adalah memakai bungkus atau kemasan yang berlapis. Terutama untuk jenis barang yang mudah rusak dan pecah. Sangat disarankan memakai lapisan ganda misalnya dengan menggunakan bubble wrap dan box kayu. Gunakan jenis kemasan yang aman dan berikan pelapis supaya semakin aman.

4. Pakai Kemasan Anti Air

Anda juga bisa memakai kemasan anti air untuk melindungi paket yang akan dikirim ke luar negeri. Sesuai dengan namanya jenis kemasan ini akan melindungi paket Anda dari air sehingga tidak rusak. Jenis packing ini bisa digunakan untuk paket berupa dokumen maupun jenis barang lain yang mudah rusak oleh air.

5. Kemas Secara Ringkas

Usahakan untuk mengemas paket secara ringkas. Buatlah seringkas mungkin namun tetap aman agar bisa dikirim secara efisien. Selain itu pengemasan barang yang ringkas juga akan mengurangi ukuran volume barang sehingga biaya pengiriman jadi lebih murah.

Salah satu cara mengirim barang ke luar negeri agar terjamin aman adalah mengemasnya dengan aman. Pastikan semua barang dikemas dengan baik demi menjaga kualitas barang sampai ke tempat tujuan. Jangan lupa cek dulu berapa biaya pengiriman sebelum memilih jasa ekspedisi. Anda bisa cek ongkir Arab Saudi ke Indonesia maupun negara lain melalui situs cek ongkir di internet.

Sumber:

https://blog.shipper.id/tips/pengiriman-barang-dagangan-ke-luar-negeri/

https://athaexpressbanten.com/cara-mengemas-atau-mengepack-barang-yang-akan-di-kirim-ke-luar-negeri/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.